** RUDI TIKET PESAWAT ONLINE Jl. Brigjen Katamso/Zein Hamid Gg. Harapan Bunda No. 4 Titi Kuning Medan, Sumatera Utara - 20146 Call Center : 082110498212 PIN BB : 26B04196 E-mail : informasitiket@yahoo.co.id ** RUDI TIKET PESAWAT ONLINE Melayani Tiket Pesawat Domestik dan Internasional, Voucher Hotel diseluruh Indonesia, dan Tiket Kereta Api ** Maskapai yang menjadi Partner kami adalah : Air Asia, Citilink, Express Air, Garuda Indonesia, Kalstar, Lion Air, Sky Aviation, Trigana, dan Tiger Airways.

PENDAHULUAN


BAB I
PENDAHULUAN
A.  LATAR BELAKANG
Seperti yang kita ketahui, perkembangan jasa pelayanan maskapai penerbangan dari tahun ke tahun semakin menjadi perhatian masyarakat luas. Hal itu dapat dilihat dari ketatnya persaingan pelayanan, harga, dan promosi yang ditawarkan berbagai maskapai penerbangan. Daya tarik ( attractiveness ) industry penerbangan cukup besar dan menjanjikan. Hal ini dapat dilihat banyaknya industry penerbangan yang menggeluti bisnis tersebut. Di lihat dari market size, industry penerbangan cukup menggiurkan, setiap hari diseluruh dunia lebih dari empat juta penumpang yang lewat udara. Munculnya maskapai - maskapai penerbangan baru didorong oleh deregulasi pemerintah yang mempermudah izin untuk membuka penerbangan baru. Perang harga yang luas antara maskapai penerbangan. Hal ini diawali dengan perang diskon di solo, saat Lion Air sebagai pemain baru menggebrak pasar dengan program promosi. Perang harga yang terjadi oleh maskapai ini semula diperkirakan hanya berlangsung sesaat yaitu selama bulan promosi namun ternyata terus berlangsung hingga kini. Akibatnya  maskapai penerbangan lain harus menyesuaikan dengan mengikuti Lion Air kalau tidak ingin  kehilangan pelanggan. Perang diskon yang terjadi pada jasa penerbangan di satu sisi positif dan di sisi lain bias menjadi negative. Pada sisi yang positif, jumlah penumpang pesawat akan semakin meningkat atau bahkan minat masyarakat untuk menggunakan jasa penerbangan akan positif dibandingkan apabila menggunakan jasa transportasi melalui darat (bus). Pada sisi negative, karena jumlah penumpang meningkat maka kenyamanan dan keselamatan penerbangan kurang mendapat perhatian. Kepuasan pelanggan yang tinggi ditimbulkan oleh kualitas pelayanan yang maksimal dan jika kualitas pelayanan yang diberikan buruk maka harapan konsumen tidak akan pernah tercapai, hal ini berarti perusahaan tersebut akan bangkrut. Dengan demikian hanya perusahaan - perusahaan yang mampu memberikan kepuasan pelanggan yang tinggi sajalah yang akan mampu bersaing dan bertahan untuk hidup dan selanjutnya berkembang. Atas dasar latar belakang masalah diatas, maka saya akan menulis sebuah makalah berjudul MANAGEMEN PENERBANGAN



B. PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian dalam latar belakang masalah, maka permasalahan yang dirumuskan adalah sebagai berikut:
1.      Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan yang dilakukan Airlines dari Pre Flight Service ( Sebelum berangkat ) sampai Post Flight Service ( Setelah sampai ditujuan ) terhadap kepuasan pemakai jasa penerbangan di bandara
2.      Bagaimana menjadi seorang Airlines Staff yang profesional dalam menghadapi berbagai complain dari penumpang
3.      Bagaimana agar seorang Airlines Staff mempunyai kemampuan di bidang Reservasi, Pasasi Handling & Cargo Handling

C. TUJUAN PENULISAN
Tujuan dari penelitian adalah sebagai berikut :
1.        Menganalisis pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari Reservasi, Pasasi Handling & Cargo Handling terhadap kepuasan pemakai jasa penerbangan
2.    Sebagai Pedoman untuk melakukan On Job Training di Bandara.
3.    Meningkatkan Kemampuan dibidang Pelayanan jasa Penerbangan

D. MANFAAT PENULISAN
Manfaat dari dilakukannya penulisan ini adalah :
1. Bagi Perusahaan
Diharapkan dapat membantu perusahaan untuk digunakan sebagai bahan perbandingan, pertimbangan dan menentukan langkah-langkah selanjutnya, sehingga diharapkan dapat lebih meningkatkan pelayanan dimasa yang akan datang.
2. Bagi Penulis
     Merupakan tambahan pengetahuan dari dunia praktisi dan sebagai pembelajaran sebelum On Job Training.
3. Bagi Konsumen dan Pembaca
            Sebagai sumbangan pustaka dan bahan tambahan pengetahuan mengenai pelayanan jasa    penerbangan

0 comments:

Post a Comment