BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Seperti yang
kita ketahui, perkembangan jasa pelayanan maskapai
penerbangan dari tahun ke tahun
semakin menjadi perhatian masyarakat luas. Hal itu dapat dilihat dari ketatnya persaingan pelayanan,
harga, dan promosi yang ditawarkan berbagai
maskapai
penerbangan. Daya tarik ( attractiveness ) industry penerbangan cukup besar dan menjanjikan. Hal
ini dapat dilihat banyaknya industry
penerbangan
yang menggeluti bisnis tersebut.
Di
lihat dari market size, industry penerbangan cukup menggiurkan, setiap hari diseluruh
dunia lebih dari empat juta penumpang
yang
lewat udara. Munculnya maskapai
- maskapai penerbangan baru didorong oleh deregulasi pemerintah yang mempermudah izin untuk membuka
penerbangan baru. Perang
harga yang luas
antara maskapai penerbangan. Hal ini
diawali
dengan perang diskon di solo, saat Lion Air sebagai pemain baru menggebrak pasar dengan program promosi. Perang harga yang terjadi
oleh maskapai ini semula diperkirakan
hanya berlangsung sesaat
yaitu selama bulan promosi namun ternyata terus berlangsung hingga kini.
Akibatnya maskapai penerbangan
lain harus menyesuaikan dengan mengikuti Lion Air kalau
tidak ingin kehilangan pelanggan.
Perang diskon yang terjadi pada jasa
penerbangan
di satu sisi positif dan
di sisi lain bias menjadi negative. Pada
sisi
yang positif, jumlah penumpang pesawat akan semakin meningkat atau bahkan minat masyarakat untuk
menggunakan jasa penerbangan akan positif
dibandingkan
apabila menggunakan jasa transportasi melalui darat (bus). Pada sisi negative, karena jumlah
penumpang meningkat maka kenyamanan
dan
keselamatan penerbangan kurang mendapat perhatian. Kepuasan pelanggan yang tinggi
ditimbulkan oleh kualitas pelayanan
yang
maksimal dan jika kualitas pelayanan yang diberikan buruk maka harapan konsumen tidak akan pernah
tercapai, hal ini berarti perusahaan
tersebut
akan bangkrut. Dengan demikian hanya perusahaan - perusahaan yang mampu memberikan kepuasan pelanggan
yang tinggi sajalah yang akan mampu
bersaing dan bertahan untuk hidup dan selanjutnya berkembang. Atas dasar latar belakang masalah
diatas, maka saya akan
menulis sebuah makalah berjudul MANAGEMEN PENERBANGAN
B. PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian dalam latar belakang masalah,
maka permasalahan yang
dirumuskan adalah sebagai berikut:
1.
Bagaimana
pengaruh kualitas pelayanan yang
dilakukan Airlines dari Pre Flight Service ( Sebelum berangkat
) sampai Post Flight Service
(
Setelah sampai ditujuan
)
terhadap
kepuasan pemakai jasa penerbangan di bandara
2. Bagaimana
menjadi seorang Airlines Staff yang profesional dalam menghadapi berbagai complain dari
penumpang
3. Bagaimana agar
seorang Airlines Staff mempunyai kemampuan di bidang Reservasi,
Pasasi Handling & Cargo
Handling
C. TUJUAN PENULISAN
Tujuan dari penelitian adalah sebagai berikut :
1.
Menganalisis
pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari Reservasi, Pasasi Handling
& Cargo Handling
terhadap
kepuasan pemakai jasa penerbangan
2. Sebagai
Pedoman untuk melakukan On Job Training di Bandara.
3.
Meningkatkan Kemampuan
dibidang Pelayanan jasa Penerbangan
D.
MANFAAT PENULISAN
Manfaat dari dilakukannya penulisan ini adalah :
1.
Bagi Perusahaan
Diharapkan dapat
membantu perusahaan untuk digunakan sebagai bahan perbandingan, pertimbangan
dan menentukan langkah-langkah selanjutnya, sehingga diharapkan dapat lebih
meningkatkan pelayanan dimasa yang akan datang.
2.
Bagi Penulis
Merupakan tambahan
pengetahuan dari dunia praktisi dan sebagai
pembelajaran
sebelum On Job Training.
3.
Bagi Konsumen dan Pembaca
Sebagai sumbangan pustaka dan bahan tambahan
pengetahuan mengenai pelayanan jasa penerbangan
0 comments:
Post a Comment